Tuesday, October 7, 2008

hah? mumi?

ini seharusnya saya posting pas sebelum lebaran, cuman karena mudik, maka terpaksa dipost baru sekarang...

pertamax... saya baru nyadar kalo blog saya ultah tanggal 27 september kemaren... baru inget gara-gara ngeliat blog archivenya....

jadi, sekalian Selamat Idul Fitri 1429 Minal Aidin Wal Faizin Mohon Maaf Lahir Dan Batin, saya mau bilang juga makasiiih banget yang udah baca, ngomen ato yang mejeng-mejeng di blog saya selama setahun ini....

keduax, beberapa minggu lalu ada yang bikin saya ilfil sama pameran...

pas itu saya ke tamini square, soalnya katanya ada pameran mumi. saya dah ngebayangin tuh pameran pasti gede, artifaknya buanyak dan muminya ada beberapa... sebelemunya saya ke gramed matraman dulu sekalian ngeliat buku dan emang pengen liat karena blom pernah ke sana...

pas siang, saya pun langsung cabut ke tamini, karena dah buru-buru pengen liat pamerannya *maklum.. blom pernah liat mumi, huehehehe...* .. cuman pas nyampe di tamini dan ngeliat tempatnya saya jadi bingung sendiri. bayangin aja ada pameran mumi tapi tempatnya tuh di mall, bener-bener dalem mall, di lantai 3 klo ga salah.

pas nyampe lantai 3 saya jadi ilfil ama pamerannya.... tempatnya tuh cuman ruangan non-permanen 10 x 10 meter... trus ada loketnya, dah kayak mau masuk ke rumah setan di pasar malem aja... karena sayang dah jauh-jauh ke tamini saya pun beli aja tiketnya.. toh cuman 10.000 ini...

di dalem, saya pun nonton sebuah video yang isinya cara pembuatan mumi. ruangannya diisi sekitar 15-an orang dan nontonnya bukan dari proyektor atopun LCD tapi dari 3 buah TV... videonya sih oke, soalnya itu emang buatannya National Geographic. tapi video itu cuman potongan dari video aslinya, yang dikasih nonton tuh cuman yang bagian bikin muminya... itu pun pas bagian yang bikin mumi suara orangnya ga ada, malah diisi sama musik-musik ga jelas gitu...

pas selesai video, saya pun masuk ruangan pameran... di dalem, ada beberapa artifak kayak patung, trus papirus ama pot-pot... dan jumlahnya ga nyampe 15 biji... trus ada mumi juga, cuman 1 biji... saya pikir ah paling muminya raja yang ga terkenal... saya pun iseng baca artikel *lagi-lagi National Geographic* yang ditempel di dinding... saya baca semua, isinya pasti soal Raja Tutankhamun... saya pun iseng aja nanya sama penjaganya, "ini mumi siapa?". dia jawab "Berdasarkan informasi dari kedutaan Mesir, mumi ini adalah raja Tutankhamun". Gedubrak. saya cuman melengos sambil ngomong "O".

saya langsung bingung ama pamerannya... soalnya tutankhamun tuh raja mesir paling legendaris, kok cuman dikasih ruangan 10 x 10 meter? itu pun blom dikurangin ruangan buat nonton videonya
... trus kalo yang dipamerin raja legendaris gitu kenapa ga ada mumi lainnya, mumi istrinya ato keluarganya? trus kenapa kekayaannya tutankhamun yang konon banyak banget itu kenapa kok ga dipamerin? kenapa cuman 15-an artifak doang?

yah... ga ngerti lah saya... saya cuman bisa ngandalin kata si penjaga tadi, "Berdasarkan informasi dari Kedutaan Mesir"...